Merupakan identitas yang berisi logo, nama, alamat dan telepon dari pengirim surat.
Contoh kop surat :
2. Reference Line
Didalam surat berbahasa Inggris biasanya berisi huruf depan nama eksekutif yang menandatangani surat tersebut, diikuti dengan garis miring atau titik dua, lalu nama pengetik surat. Beberapa perusahaan menambahkan kode atau nomor tertentu berdasarkan sistem arsip mereka. Reference diletakkan dibagian atas surat diatas date.
Contoh : Your ref : 22 March 2004
Our Ref : BS/KF
3. Date Line ( Tanggal )
Ini adalah bagian tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal adalah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012.
Contoh penulisan date menggunakan British Style
03rd April 1990
Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya saja pada tanggal ditambahkan akhiran bilangan bertingkat. Posisi date pada British Style ditempatkan di sebelah kanan atas surat.
April 03, 1990
Penulisan date menggunakan American Style ditempatkan di sebelah kiri atas surat dengan format Month Date, Year.
Bagian ini berisi nama penerimaan surat, jabatanya, dan nama perusahaannya disertai alamatnya. Jika kamu tidak yakin untuk siapa (nama) surat tersebut ditujukan, jangan kosongkan, tetapi coba untuk mengunakan jabatannya, seperti “Director of Human Resources”. Beri jarak antara tanggal dengan penerima.
5. Attention Line
Sebuah Alternatif untuk menempatkan penerima surat.
6. Solutition (Salam Pembuka)
Dalam bagian ini, istilah yang digunakan adalah “Dear Mr./Mrs./Ms. (nama terakhir penerimaan)”, misalkan “Dear Mr. Fathoni”. Tetapi jika nama penerimanya tidak dikethui, tulis nama departementnya, misalkan “Dear Director of Department of Human Resource”. Beri jarak antara salam pembuka dengan isi.
Penggunaan tanda baca pada salutation menggunakan British Style dituliskan tanpa tanda baca (titik koma atau koma) dan dalam American Style menggunakan tanda titik dua.
Dear Mr Krisman => contoh dalam British Style
Dear Mr. Krisman: => contoh dalam American Style
7.Subject Line (Perihal)
Perihal membuat penerima surat lebih mudah menemukan maksud dari surat tersebut, misalnya Invitation, Apology, dan lain sebagainya. Ini merupakan bagian optional dari business letter, artinya kita bisa mencantumkannya atau tidak.Penulisan subject menggunakan British Style: Subject ditempatkan diantara salutation dan isi surat.
8. Body Of Letter ( Isi Surat )
Isi surat merupakan tempat dimana kamu menuliskan hal yang ingin disampaikan. Paragraph di isi surat harus menggunakan spasi tunggal (single space) dan tanpa adanya jarak pemisah antara masing-masing paragrap. Beri jarak antara bagian akhir isi dengan penutup.
9. Complimentary Close ( Salam Penutup )
Bagian ini sebagai penanda bahwa surat anda telah selesai, biasanya diakhiri dengan penulisan “Sincerely”, “Sincerely yours”, “Thank you”, dan lain sebagainya. Catat, Terdapat sebuah koma di akhir penutup dan hanya huruf pertama yang menggunakan huruf kapital. Beri jarak 3-4 baris antara penutup dengan nama, yang nantinya diguankan untuk tempat tanda tangan.
10. Signature ( Tanda Tangan )
Bagian ini adalah tanda tangan penulis, biasanya menggunakan tinta warna hitam atau biru.
11. Enclosure ( Lampiran )
Jika sebuah surat berisi dokument atau lampiran lain selain surat tersebut, penulis haru menampilakan jumlah lampiran tersebut yaitu dengan menggunakan “Enclosure (jumah lampiran)”, misalkan “Enclosure (6)”.
12. Carbon Copy Natation ( Tembusan Surat ).
Bagian ini digunakan untuk menginformasikan kepada penerima surat, bahwa surat tersebut juga dikirimkan kepada pihak yang perlu mengetahui isi surat. CC ditempatkan di kiri bawah surat.
Contoh : CC : Bagian Keuangan
Surat bisnis adalah komunikasi formal antara kertas, atau bisnis
dan biasanya dikirim melalui Kantor Pos atau kadang-kadang oleh kurir.
Surat bisnis kadang-kadang disebut “mail” (sebagai lawan dari email yang
lebih cepat). Adapun sebuah surat memiliki bagian-bagian yakni :
- Letter Head (kepala surat)
Letter Head atau biasa disebut dengan kepala surat. Terletak di
paling atas dari sebuah surat. Baik surat resmi untuk pemerintah atau
perusahaan. Kepala Surat tersebut berisikan nama perusahaan, alamat
perusahaan, nomor telepon, faksimili, e-mail perusahaan, website perusahaan, logo perusahaan dll.
- Date (tanggal)
Tanggal surat berfungsi untuk memberitahu kepada si penerima surat
kapan surat itu ditulis. Tanggal surat terletak di kanan atas pada
surat pembaca. Dalam penulisan tanggal nama bulan tidak boleh disingkat
atau ditulis dengan angka saja. Harus jelas dan lengkap.Dalam penulisan tanggal dibedakan menjadi dua jenis yaitu menggunakan gaya penulisan British style dan American Style.
Contoh :
British style
08th Desember 2011
Gaya penulisan tanggal British style sama dengan gaya
penulisan tanggal pada gaya Bahasa Indonesia. Hanya saja pada British
style ditambahakan akhiran bilangan bertingkat seperti 1st, 2nd, 3rd,
dst. Posisi tanggal terletak di kanan atas surat.
American style
- September 07, 2011
Gaya penulisan tanggal American style nama bulan ditempatkan di posisi awal disusul tanggal diakhiri tanda
koma dan tahun. Posisi tanggal terletak di kiri atas surat.
- Inside Addres (alamat yang dituju)
Berisikan nama dan alamat yang dituju, terletak di bagian kiri atas sebuah surat. Biasanya dalam penulisan
Inside Address selain nama dan alamat penerima, disertakan juga nama lengkap beserta jabatannya serta
kodepos dan Negara yang dituju.
- Salutation (salam pembuka)
Salam pembuka terletak di bawah alamat dan sebelum isi
surat. berfungsi sebagai salam pembuka atau tanda hormat penulis. Salam
pembuka dituliskan di sebelah kiri. Huruf pertama awal kata ditulis
huruf kapital, sedangkan kata yang lain ditulis huruf kecil semua. Ada
dua jenis salam pembuka dalam penulisan surat yaitu British style, dan
American style.
Contoh :
British style : Dear Sir, Dear Miss, Dear Mrs.
American style : Dear Sir
Body of the Letter (isi surat)
Isi surat merupakan bagian dari pokok surat berisi pesan atau
informasi yang penulis ingin sampaikan secara detail. Pesan yang
tertulis dalam surat haruslah jelas dan langsung pada pokok permasalahan
yang akan dibahas.
- Complimentary Close (salam penutup)
Salam penutup dari sebuah isi surat berfungsi untuk menunjukkan
rasa hormat penulis. Huruf awal kata salam penutup ditulis dengan huruf
kapital, sedangkan kata yang lainnya ditulis dengan huruf kecil. Sesudah
salam penutup dibubuhkan tanda koma. Salam penutup biasanya berupa
kalimat “Yours Faithfully” ,” Yours Truly”, “Yours Sincerely”. Salam
penutup dibagi menjadi dua tipe yaitu Britsh style dan American style.
Contoh :
Britsh style : Dear Madam, Dear Sirs, Dear Mr, Dear Miss, Dear Mrs, Yours
Sincerely, Sincerely, With Best Wishes.
American style : Sir, Madam, Gentlemen, Your Obedient Servant, Sincerely Yours.
Britsh style : Dear Madam, Dear Sirs, Dear Mr, Dear Miss, Dear Mrs, Yours
Sincerely, Sincerely, With Best Wishes.
American style : Sir, Madam, Gentlemen, Your Obedient Servant, Sincerely Yours.
- Signature and Writer’s Identification (tanda tangan dan nama penulis)
Berupa tanda tangan penulis terletak pada sisi kanan bawah pembaca
surat., beserta nama jelas penulis surat. Di cantumkan di bawah tanda
tangan dengan huruf awal ditulis dengan huruf capital, tanpa diberi
tanda kurung.
- Tujuan dari sebuah Business Letter
Business Letter adalah jenis surat resmi (formal letter) yang
berfungsi sebagai cara berkomunikasi antara dua atau lebih perusahaan.
Terdapat banyak perbedaan penggunaan dalam Business Letter. Business
Letter dapat bersifat menyampaikan informasi (informational), bujukan
(persuasive), motivasi (motivational), atau promosi (promotional).
Business Letter harus diketik dan diprint-out pada kertas putih standard
berukuran 8,5 x 11.
- Unsur-unsur dari sebuah surat yang baik
Unsur terpenting dari menulis surat yang baik adalah kemampuan
penulis mengindentifikasi untuk siapa surat itu ditujukan. Jika penulis
mengrimkan suratnya ke departement sumberdaya manusia, hindari
penggunaan istilah-istilah tehnik tinggi yang hanya makenik yang bisa
memahaminya.
New Roman”,serif; text-align: justify;”>Unsur
selanjutnya adalah yakinkan bahwa tujuan yang dari penulisan surat
haruslah jelas dan ringkas. Jangan buat tujuan dari surat tersebut tidak
jelas, kebanyakan orang menulis surat dengan unsur yang tidak
dibutuhkan secara ditail, seharusnya surat ditulis hanya denga point
yang akan disampaikan tanpa adanya basa-basi yang terlalu.
Unsur penting yang lainnya adalah bersikap prefossional dalam
penulisan surat, sikap prefossional disini bermakna sopan, halus,
hindari ancaman dan fitnah, tempatkan masalah dengan informasi yang
relevan bahkan jika itu adalah surat keluhan.
Beberapa contoh dari business letter atau surat bisnis bahasa inggris ini semoga dapat bernanfaat.
Check this out.
1. Contoh business letter (Block Format)
3519 Front Street
Mount Celebres, CA 65286 October 5, 2004 Ms. Betty Johnson Accounts Payable The Cooking Store 765 Berliner Plaza Industrial Point, CA 68534 Dear Ms. Johnson:
It has come to my attention that your company, The Cooking Store
has been late with paying their invoices for the past three months.
In order to encourage our customers to pay for their invoices before the due date, we have implemented a discount model where we’ll give you 2% off your invoice if you pay us within 10 days of receiving the invoice. I hope that everything is going well for you and your company. You are one of our biggest customers, and we appreciate your business. If you have any questions, feel free to contact me at (555) 555-5555. Sincerely, Signature Bob Powers
Accounts Receivable
|
2. Contoh Business Letter (Modified Block Format)
3519 Front Street
Mount Celebres, CA 65286
October 5, 2004
Ms. Betty Johnson
Accounts Payable The Cooking Store 765 Berliner Plaza Industrial Point, CA 68534 Dear Ms. Johnson:
It has come to my attention that your company, The Cooking Store
has been late with paying their invoices for the past three months.
In order to encourage our customers to pay for their invoices before the due date, we have implemented a discount model where we’ll give you 2% off your invoice if you pay us within 10 days of receiving the invoice. I hope that everything is going well for you and your company. You are one of our biggest customers, and we appreciate your business. If you have any questions, feel free to contact me at (555) 555-5555.
Sincerely,
Signature
Bob,Powers
Accounts Receivable |
3. Contoh Business Letter (Semi-block Format)
3519 Front Street
Mount Celebres, CA 65286
October 5, 2004
Ms. Betty Johnson
Accounts Payable The Cooking Store 765 Berliner Plaza Industrial Point, CA 68534
Dear Ms. Johnson:
It has come to my attention that your company, The Cooking Store
has been late with paying their invoices for the past three months.
In order to encourage our customers to pay for their invoices
before the due date, we have implemented a discount model where we’ll
give you 2% off your invoice if you pay us within 10 days of receiving
the invoice.
I hope that everything is going well for you and your company. You
are one of our biggest customers, and we appreciate your business. If
you have any questions, feel free to contact me at (555) 555-5555.
Sincerely,
Signature
Bob Powers
Accounts Receivable
|
No comments:
Post a Comment